Bogor Raya Kabupaten Kecamatan

Cegah Banjir, Tanggul Situ Panjang Dipasang Bronjong

DRAMAGA – Cegah banjir susulan, Pemerintah Desa Cikarawang bersama warga perbaiki tanggul Situ Panjang yang jebol di Kampung Cangkrang, Rt 01/01.
Perbaikan tanggul yang jebol sepanjang enam meter mengunakan bronjong batu. Sebelumnya, jebolnya tanggul merendam perkebun milik warga .
Pjs Desa Cikawarang, Edi mengatakan,  Situ Panjang masuk ke wilayah Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.
Tetapi, pengunaan sumber airnya Situ Panjang banyak di gunakan oleh para petani Desa Cikarawang. Ketika tanggul Situ Jebol, pihaknya berkordinasi dengan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) untuk memperbaiki tanggul yang jebol akibat luapan air.
“Kita diberikan bronjong oleh PSDA, sedangkan batunya dengan pengekerjaan dari pihak desa. Untuk memperbaiki tanggul yang jebol dibutuhkan empat truk batu belahan,” ujar DL sapaan akrbanya.
DL menegaskan, bahwa perbaikan tanggul yang jebol sangat urgen. Jika tidak cepat di perbaiki bisa merendam kebun milik petani. Tak hanya itu, luapan air dari Situ bisa mengenangi rumah warga.
Tetapi,  ketika musim kemarau tiba, air dari Situ seluas 2 Hektare sangat bermanfat untuk mengaliri perkebunan dan persawahan milik petani di Desa Cikarawang. Apalagi, warga Kampung Cangkrang mayoritas berprofesi sebagi  petani.
“Saya berharap Situ Panjang di tata lebih baik, selain bisa untuk mengaliri persawahan bakal jadi mangnet wisatan,” tukasnya.  (abi)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: