Bogor Raya Kabupaten Kecamatan Kelurahan dan Desa

Kades Tegallega Kwalahan Bangun Jalan

CIGUDEG LINE   –   Banyaknya ruas jalan yang statusnya milik desa, membuat Pemerintah Desa Tegallega Kecamatan Cigudeg kewalahan untuk peningkatan menggunakan Dana Desa (DD).

Seperti halnya ruas Jalan Readymix Quary-Tegallega sepanjang 3 kilometer ini membuat kerusakan yang terus menurus akibat banyaknya kendaran truk-truk bervolume besar pengangkut tambang.

“Di Desa Tegallega itu tidak ada jalan yang statusnya milik jalan kabupaten, semuanya statusnya jalan desa, hingga jalan utama pun itu statusnya jalan desa,” ujar Kepala Desa Tegallega Samsu, beberapa waktu lalu.

Samsu mengaku, kesulitan untuk menganggarkan pembangunan ruas jalan yang dilintasi truk-truk besar pengangkut tambang. Karena selama ini tidak ada anggaran untuk ruas-ruas jalan tersebut. Dirinya berharap pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor agar segera mengambil alih jalan tersebut.

“Untuk pembangunan ruas jalan utama itu tidak ada anggaran. Tetapi kalau dibangun sama desa berapa sih angaranya. Ruas jalan dari kantor desa hingga Muni aja itu tidak ada jalan kabupaten, itu jalan desa,” ujarnya.

Ia mengatakan, kurang lebih 3 kilometer yang status jalan desa, itu semua hanya digunakan perusahan. Karena di wilayah Desa Tegallega sendiri masih banyak jalan-jalan lingkungan yang harus ditingkatkan.

“Karna di ruas jalan di Desa Tegallega itu kebanyakan jalan milik desa, jadi kita kewalahan kalau itu hanya dibangun menggunakan anggaran dari desa. Saya berharap ruas jalan Tegallega – Muni jadi jalan milik Kabupaten Bogor,” pintanya.

Sementara itu Camat Cigudeg Acep Sajiddin mengatakan, jika itu memang ingin distatuskan menjadi jalan kabupaten, Pemerintah Desa Tegallega harus segera buat pengajuan, setelah itu tinggal diteruskan ke Kabupaten Bogor.

“Kita harus tau dulu itu jalan desa atau jalan kabupaten, jadi kalau itu jalan yang bernama Readymix Quary-Tegallega sepanjang 3 kilo. Jadi kalau jalan desa tinggal limpah ke kabupaten,” pungkasnya. (net)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: