Health Care

Mana Lebih Sehat, Minum Air Dingin atau Hangat?

Air memiliki peran yang penting bagi kehidupan dan tubuh. Sebanyak 70% tubuh terdiri dari air yang berfungsi menjaga semua organ. Ketika haus, usai berlolahraga atau dalam kedaan sakit tentu air menjadi hal yang efektif untuk menguranginya.

Tetapi sebagian orang banyak yang berpendapat air manakah yang lebih bermanfaat untuk kesehatan? Air hangat atau air dingin? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasannya.

Mengkonsumsi air hangat dapat memberikan beberapa manfaat:

– Meningkatkan sistem pencernaan

Ketika minum air hangat di pagi hari, akan memudahkan proses pencernaan. Hal ini dikarenakan dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Selain itu air hangat juga mencegah sembelit karena dapat merangsang aliran darah ke usus.

– Detoksifikasi tubuh

Mengonsumsi air hangat dengan setengah irisan lemon dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu juga mengurangi jerawat dan mengobati masalah kulit lainnya.

– Meredakan hidung tersumbat

Jika hidung Anda tersumbat, maka minum air hangat dapat menguranginya. Hal ini dikarenakan adanya ekspektoran alami yang berfungsi mengeluarkan lendir dari saluran pernafasan.

– Mengurangi nyeri

Biasanya jika nyeri banyak orang yang menggunakan kantong es untuk menguranginya, namun lebih baik gunakan air hangat. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit seperti kram saat menstruasi dan nyeri sendi serta dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Sementara itu, air dingin juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting bagi tubuh seperti:

– Menurunkan suhu tubuh

Ketika berolahraga dan melakukan latihan berat, suhu tubuh akan meningkat. Maka dari itu minum air dingin akan membantu menurunkannya.

Berjalan di bawah teriknya matahari dapat menguras energi dan membuat Anda lemas. Untuk itu minumlah air dingin untuk mengembalikan energi Anda.

– Mengurangi berat badan

Memiliki berat badan berlebih merupakan hal yang menjadi perhatian bagi kita semua. Untuk menguranginya Anda dapat mengkonsumsi air dingin dalam jumlah yang cukup.

Jadi, keduanya sangat manfaat bagi tubuh. Namun banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengkonsumsi air hangat karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dan melindungi organ tubuh. Sedangkan air dingin diketahui dapat menyebabkan kontraksi pada otot.

Hal yang harus diingat adalah hindari mengkonsumsi air hangat usai olahraga karena suhu tubuh sudah tinggi. Dan jika meminum air dingin ketika makan dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena banyak energi yang dihabiskan untuk meningkatkan suhu tubuh.

Namun terlepas dari itu semu kita bebas memilih ingin mengkonsumsi yang mana, karena keduanya sama-sama baik bagi kesehatan, yang membedakan adalah waktu dan keadaan tubuh ketika mengkonsumsinya. (net)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: