Bogor Raya Headline Kabupaten Kecamatan Kelurahan dan Desa

Paguyuban Kades Sukajaya Swadaya Bangun Jalan Cipanganten Bersama Warga

CIGUDEG LINE – Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor bersama warga membangun jalan penghubung utama antar Kecamatan Cigudeg dan Sukajaya sepanjang 350 meter dengan menggunakan iuran dana swadaya dari sebelas Desa dan pengusaha yang ada di wilayah Kecamatan Sukajaya, Minggu (15/04/18).

Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Sukajaya Eko Sukatma mengatakan, sebelum dilakukan perbaikan pihaknya bersama warga terlebih dahulu mengadakan rapat koordinasi termasuk dengan para pengusaha yang banyak terdapat di wilayah tersebut.

“Warga begitu antusias memberikan bantuan tenaga untuk perbaikan jalan serta bersama sama dengan para kepala desa turun kelapangan untuk melakukan perbaikan jalan tanjakan Cipanganten yang berada diwilayah Desa Sukaraksa Kecamatan Cigudeg,”ujarnya, Minggu (15/04/18).

Eko menjelaskan untuk bahan material seperti pasir, batu, split dan semen, beskos digunakan untuk membangun jalan tanjakan Cipanganten.  Ada dua titik jalan yang diperbaiki secara swadaya dengan sistem betonisasi, di antaranya titik pertama depan Kantor Desa Sukaraksa serta tanjakan Kampung Juga Jembatan yang terlihat sudah rusak parah serta sulit dilintasi apabila dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

“Total panjang jalan yang akan di betonisasi 350 meter dengan ketebalan 20 cm, dengan lantai dasarnya memakai besi wermes serta lebar 5 meter dan akan dilakukan dua kali pengecoran,”katanya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Sukajaya Ruswandi sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh jajaran paguyuban Kepala Desa dan masyarakat, sehingga kegiatan yang dilakukan paguyuban Kades merupakan bentuk kepedulian para Kepala Desa dan warga yang yang ada di Kecamatan Sukajaya, dengan melihat kondisi jalan yang memprihatinkan.

“Selama ini, banyak kecelakaan tunggal yang menimpa warga saat melintas di jalur tersebut, terlebih kalau sudah musim hujan jalan tanjakan Cipanganten ini licin dan terjal dan sulit dilalui kendaraan,” Katanya.

Jalur jalan tanjakan Cipanganten itu merupakan akses utama warga Kecamatan Sukajaya untuk aktivitas jalannya roda perekonomian masyarakat.

“Karna jalur ini satu satunya akses utama masyarakat untuk aktvitas perekonomian, kalau akses jalan ini tidak diperbaiki, maka secara otomatis aktivitas perekonomian masyarakat sukajaya akan lumpuh,”terangnya.

Terpisah Dery Prio (30) Warga Desa Sukaraksa mengatakan, bahwa perbaikan jalan yang dilakukan oleh jajaran paguyuban Kades merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat, sehingga akses jalan yang tadinya sulit untuk dilalui oleh kendaraan, sekarang sudah normal dan warga tidak khawatir lagi apabila melintasi jalan tersebut.

“Kini warga sangat senang dan sudah tidak khawatir lagi dengan dihantui ada nya kecelakaan, karna sekarang jalan nya sudah diperbaiki dan dibangun dengan beton. Kami bersama masyarakat lainnya mengucapkan terima kasih, khususnya paguyuban Kepala Desa dan pengusaha yang peduli untuk memperbaiki jalan tanjakan Cimanganten,”pungkasnya. (ags)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: