Kabupaten Kelurahan dan Desa

Supmara Pimpin TPID Cigudeg

CIGUDEG LINE – Belum lama ini, telah dilakukan pemilihan Tim Pelaksana Inovasi  Desa  ( TPID)  Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, dan telah terbentuk pada Jumat 17 November 2017 lalu, melalui musyawarah  antar desa ( MAD) dan terpilih sebagai ketua yakni, Supmara.

“Alhamdulillah TPID Cigudeg sudah terbentuk dan saya sendiri sebagai ketua TPID Cigudeg,” ujar Supmara melalui pesan singkatnya.

Pak Usup – begitu disapa – menjelaskan TPID adalah sebuah Program yang di luncurkan Kementerian Pedesaan RI (Kemendes RI) yang bertujuan untuk menggali potensi ekonomi kerakyatan sesuai  masing – masing daerah di masing – masing desa.

“Salah satu contoh  di Desa Cinta Manik masyarakat nya banyak pengrajin anyaman seperti, pengrajin tudung, boboko (tempat nasi, red), asepan (untuk memasak nasi, red), hihid (kipas, red) dan masih banyak lainnya,” papar pria yang juga menjabat sebagai ketua BPD di Desa Sukamaju.

Tentunya, lanjut dia, ini merupakan sebuah potensi perekonomian rakyat yang berbasis kearifan local yang harus dikembangkan dan tentunya disentuh langsung pemerintah. “UKM mereka (pengrajin, red) tidak maju, karena ekspose oleh pemerintah kurang dan minimnya perhatian pemerintah juga kekurangan biaya,” katanya.

Kang Usup terpilih sebagai ketua TPID Cigudeg secara aklamasi dengan dihadiri para kepala desa, sekdes, ketua LPM, ketua BPD dan beberapa  tokoh  masyarakat se Kecamatan  Cigudeg. “Dengan adanya program ini diharapankan TPID bisa membantu perekonomian masyarakat kecil khususnya para pengrajin  di Kecamatan  Cigudeg. Dan saya akan segera turun ke masyarakat mendata dan mengetahui  semua  potensi  di masing – masing desa di Kecamatan Cigudeg, sehingga  tarap hidup layak bisa di rasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (irh)

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: